Berita

DPR Undang Menko Polhukam Bahas Program Bela Negara

Oleh: RADIO COSMO 101.9 FM - Radio Cosmo 13 Oktober 2015

Ketua DPR RI Setya Novanto mengatakan, pihaknya akan mengundang Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Luhut Binsar Pandjaitan untuk membahas program bela negara yang akan dikelola oleh Kementerian Pertahanan (Kemhan).

"Kita jangan terburu-buru berikan penilaian. Tentu kita akan dengarkan dari Pak Luhut, kita undang hari Jumat, 16 Oktober 2015," kata pria yang biasa disapa Setnov itu di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Selasa (13/10/2015).

Politikus Partai Golkar itu ingin memperjelas program tersebut, terutama tentang kemiripannya dengan program wajib militer. Namun, di sisi lain, Setnov mendukung gagasan tersebut jika mampu meningkatkan kecintaan terhadap negara.

"Kalau tujuannya baik, menyangkut masalah patriotisme, tentu kita akan lihat masalah konsepnya, anggarannya. Tapi, sampai sekarang Pak Luhut belum bicarakan hal ini," ujarnya.

Setnov yakin, Luhut belum memikirkan soal anggaran program ini secara detail, terutama tentang kabar yang menyebutkan bahwa negara harus mengeluarkan uang ratusan triliun rupiah.

"Saya yakin Pak Luhut belum memikirkan jauh. kalau sudah, maka pasti sudah sampaikan kemarin (saat keduanya bertemu). Kemarin kita bicarakan masalah asap," tutupnya.

Sebelumnya, Kemhan berencana merekrut 100 juta kader bela negara dari seluruh wilayah Indonesia mulai tahun ini. Hal itu dikatakan Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu, seusai menjadi pembicara kunci pada seminar nasional 25 tahun SMA Taruna Nusantara, Magelang, Jawa Tengah, beberapa waktu lalu.

Dengan usulan program tersebut, Ryamizard menargetkan 10 tahun ke depan sudah ada 100 juta kader bela negara. Kader-kader bela negara bertugas melakukan pertahanan negara jika sewaktu-waktu negara mendapat ancaman, baik nyata maupun belum nyata. (Sumber Okezone)

#


LIVE
STREAMING

101.9 FM

Live Streaming 101.9 FM

Mau denger siaran Radio Cosmo online, download linknya dibawah ini, terus mainin di aplikasi mp3 yang ada di komputer kamu.

Download

Download untuk Blackberry